Sabtu, 25 Agustus 2012

Juara 1 Lomba Menulis Cerpen Pagur Community


Desaku
oleh : Emmi Hafidah

Pagi  yang cerah pada hari minggu saya terbangun pada jam 07.00. Dengan bersemangat saya bergegas mandi ke sungai. Sampai di sungai saya mandi, airnya sangat dingin, bersih, dan jernih membuat saya senang berlama-lama mandi. Air yang jernih mengalir di bebatuan membuat pemandangan yang sangat indah. Telebih-lebih saya melihat anak ikan berenang di atas pasir di pinggir sungai yang dangkal, membuat kekaguman terhadap kejernihan di desa saya. Tanpa saya sadari saya sudah lama berada di sungai itu.  Saya bergegas berpakaian dan saya kembali ke rumah.

Setelah mengerjakan tugas rumah saya dan teman-teman pergi bermain congklak. Kami sangat senang bermain. Sehabis bermain congklak kami bermain petak umpet. Bermain petak umpet sangat menyenangkan. Lelah bermain kami berjalan-jalan sepanjang desa. Kami pergi bermain ke rumah teman bertepatan rumahnya di pinggir tanah lapang. Kami sangat senang bermain di tanah lapang, bermain disitu membuat kami senang  dan gembira.
Setelah lelah dan puas bermain, kami pulang ke rumah. Sesampainya di rumah ayah dan ibu sudah pulang dari kebun. Kebanyakan penduduk di desa kami adalah petani karet, kopi, dan coklat. Di desa kami penduduknya sangat rukun dan ramah, menambah kenyamanan dan ketertiban di desa kami. Jika malam tiba, sunyi dan senyap jauh dari kebisingan kendaraan seperti halnya di kota membuat kami beristirahat dengan tenang.

Keesokan harinya kokok ayam membangunkan tidur saya. Saya bergegas mandi ke pancuran untuk bersiap-siap ke sekolah. Sampai di sekolah saya merasa capek dan ngos-ngosan karena jalan ke sekolah kami agak mendaki. Maklum, sekolah kami ada di atas bukit. Udara yang sejuk membuat kami betah belajar karena di pinggir sekolah kami ada pepohonan. Lonceng istirahat membuat kami berhamburan keluar. Dari pinggir  sekolah kami melihat pemandanngan yang sangat indah. Nampak jelas terlihat atap rumah berjejer dan berbaris-baris teratur. Di kiri-kanan desa kami dilindungi oleh gunung-gunung yang indah, ditengahnya mengalir air sungai. Menambah keindahan desa kami.

Sungguh besar karunia Ilahi yang diberikan kepada kami yang telah memberikan tempat yang indah, desa permai menambah kesempurnaan dalam kehidupan desa kami. Semoga karunia Ilahi ini dapat kami syukuri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar